Kamis, 17 Januari 2013

DKK3

Pemanfaatan Limbah Komputer Bekas


Bagaiman caranya mengolah limbah keyboard menjadi barang yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk menunjang fungsi komputer. Tentu saja fungsi keyboard ini yang berbeda dengan fungsi mouse. Keyboard digunakan pada komputer untuk memberikan perintah tombol-tombol tertentu dan untuk mengetik suatu rangkaian huruf/angka/simbol.
Limbah keyboard
Pengelolaan limbah keyboard ini mirip dengan strategi untuk pengelolaan mouse ini yakni dilakukan dengan menggunakan strategi 3R yakni reduce, reuse, dan recycle. Pengelolaan ini hendaknya dapat dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari produsen, distributor maupun pihak lain seperti masyarakat.
Teknik perawatan keyboard agar selalu dapat digunakan dengan baik dan normal adalah dengan jalan pembersihan. Hal ini khususnya dilakukan untuk keyboard yang digunakan di ruangan yang kurang bersih atau bahkan oleh pemakai yang melakukan pekerjaan komputer sambil merokok. Keyboard yang digunakan akan berakibat kotor terutama pada sela-sela tuts yang mungkin akan berakibat tombol tidak berfungsi. Perawatannya adalah dengan jalan membuka keyobard dan mencuci setiap tombol yang ada, kemudian dipasangkan kembali. Cara yang mudah adalah dengan jalan meniup menggunakan pompa tangan atau kompresor ke arah bagian tombol. Yang perlu diingat adalah saat membersihkan tentu saja keyboard dalam keadaan tidak terkoneksi ke CPU komputer. Di beberapa kota, saat ini juga dijumpai jasa pencucian keyboard yang memudahkan kita untuk menyerahkan tugas perawatan dan pencucian keyboard agar dapat bersih dan berfungsi secara normal kembali.
Keyboard parah.
Untuk langkah reuse pada dasarnya masih dapat dilakukan oleh para pemilik keyboard itu. Untuk langkah recycle tentu saja pihak produsen yang mesti bertanggung jawab melakukan hal ini. Alternatif reuse adalah dengan menawarkan keyboard bekas kepada pihak yang memerlukan untuk fasilitas komputer yang digunakan.
Keyboard pada dasarnya terdiri dari komponen papan plastik yang dilengkapi dengan tombol dari masing-masing karakter atau perintah. Tombol-tombol inilah yang dengan teknik artistik dapat dimanfaatkan untuk membentuk produk baru yang bersifat artistik. Langkah ini merupakan salah satu upaya recycle dari limbah keyboard yang dapat dilakukan. Beberapa kreasi kerajinan tangan yang dibuat dari limbah keyboard ini saya peroleh dari internet dengan bentuk yang cukup menarik untuk dipajang sebagai komponen dekorasi.
Kreasi dari limbah keyboard
Kreasi dari limbah keyboard
Kreasi keyboard bekas
Pada akhirnya tulisan yang merupakan upaya kepedulian saya dalam bidang lingkungan ini semoga menjadi bahan kesadaran bagi para pembaca juga dan mungkin sekaligus untuk pemicu kreativitas untuk memanfaatkan limbah keyboard ini menjadi bahan hiasan. Semoga bermanfaat


b. 

Kerajinan Dari Limbah Komputer

Ada beragam material yang dapat manfaatkan dari limbah komputer seperti Mother board, kawat, kabel, tombol-tombol atau lain sebagainya yang tidak dapat dipakai lagi alias rusak, namun anda dapat memanfaatkannya menjadi barang yang unik atau bahkan menjadi sesuatu yang berharga.

Untuk contoh sederhana dalam kehidupan kita diantaranya anda dapat membuat tempat pensil dari limbah panel electrik ( PCB) seperti berikut :







imige gadget.gopego.com, cek artikel manariknya disini http://gadget.gopego.com/full/2010/11/tempat-pensil-dari-motherboard/











atau bahkan anda dapat prakaryakan limbah microchips menjadi karya unik seperti sandal microchips ini
yang merupakan kreasi yang dapat anda kembangkan menjadi bentuk lain, bagaimana cara anda mengembangkan microchips ini menjadi sesuatu yang bermutu ? tergantung dari cara anda sendiri dalam memanipulasi chips tersebut menjadi benda unik





Sandal dari sampah komputer (stylelist.com)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar